Tujuh dari Hewan Punah Ini Pernah Menguasai Lautan

Tujuh dari Hewan Punah Ini Pernah Menguasai Lautan

Tujuh dari Hewan Punah Ini Pernah Menguasai Lautan – Reptil (binatang melata, atau dalam bahasa Latin “reptans” artinya ‘melata’ atau ‘merayap’) adalah kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Ada kalanya bumi dikuasai reptil-reptil raksasa, bukan oleh manusia. Tak hanya di darat, tetapi juga di laut, dan dikatakan ukurannya bisa melampaui mereka yang ada di darat mengingat laut lebih luas ketimbang daratan.

Kepunahan dalam biologi berarti hilangnya keberadaan dari sebuah spesies atau sekelompok takson. Waktu kepunahan sebuah spesies ditandai dengan matinya individu terakhir spesies tersebut, Dilansir dari Daftar Poker777 walaupun kemampuan untuk berkembang biak tidak ada lagi sebelumnya.Bukan hal yang mengagetkan bila manusia hanya bisa dibandingkan dengan sejengkal jari mereka. Berikut ini adalah daftar dinosaurus yang pernah menguasai lautan

1. Elasmosaurus
Mengerikan, 7 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Elasmosaurus adalah genus dari Plesiosauria dengan leher yang sangat panjang yang hidup di Kapur (periode) (tahap Campanian), sekitar 80.5 juta tahun yang lalu.

Masuk dalam keluarga plesiosaurus, elasmosaurus dimasukkan dalam kategori reptil terbesar yang pernah hidup di bumi. Panjangnya bisa mencapai 15 meter dengan berat sampai 50 ton.

Dinosaurus era Mesozoic ini punya 70 tulang leher. Jumlah itu 10 kali lipat ketimbang jumlah tulang leher jerapah.

2. Dakosaurus
Mengerikan, 7 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Dakosaurus adalah genus crocodylomorph yang telah punah dalam keluarga Metriorhynchidae yang hidup selama Jura Akhir dan Kapur Awal.

Godzilla nyata di bumi. Sebagai reptil yang mendekati dinosaurus, dakosaurus lebih menyerupai buaya. Hanya saja ukurannya sangat besar, yaitu mencapai lima meter dan punya bentuk tubuh yang lebih adaptif untuk lingkungan laut. Gigitannya dipercaya sangat kuat mengingat dakosaurus sendiri berarti kadal perobek.

3. Basilosaurus
Mengerikan, 7 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Basilosaurus (“Kadal Raja”) adalah genus cetacean yang hidup dari 40 hingga 34 juta tahun silam di akhir Eosen. Sisa sisa fosilnya telah ditemukan di Amerika Serikat (Louisiana), dan waktu itu sempat dipercaya sebagai semacam reptil laut raksasa.

Dikenal juga sebagai zeuglodon, tingginya mampu mencapai 21 meter dengan panjang 1,5 meter. Scientific American menuliskan lewat hasil penemuan fosilnya bahwa basilosaurus berburu ikan besar dan bahkan paus kuno, tak terkecuali hiu. Tidak semata-mata digigit saja, hasil buruannya pun dapat dilemparkan demi tujuan dilemahkan.

4. Tylosaurus
Mengerikan, 7 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Tylosaurus adalah sejenis kadal laut raksasa (Mosasaurus) yang mendiami lautan Amerika Utara selama akhir Kapur (periode).Ia dan jenis mosasauria lainnya merupakan kerabat dekat dari Biawak (Varanidae), Monster gila (Helodermatidae),

Tylosaurus menggunakan moncongnya untuk mendeteksi mangsa. Sekalinya tertangkap, hewan kuno ini akan langsung menelan tanpa mengunyahnya. Dalam mulutnya, terdapat dua gigi ekstra di bagian atap mulut yang punya fungsi agar sang mangsa tidak melarikan diri.

5. Pliosaurus funkei
Mengerikan, 7 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Pliosaurus adalah kelompok satuan reptil laut pada zaman prasejarah (periode Kimmeridgian hingga Tithonian). Pliosaurus dapat di golongkan hewan pemakan daging ikan.

Sebelum diberikan nama, hewan kuno ini dipanggil dengan nama Predator X. Alasannya para peneliti percaya gigitan makhluk ini empat kali lebih kuat ketimbang Tyranosaurus, namun tidak ada seorang pun tahu hewan apakah ini. Ukurannya yang lebih besar ketimbang pliosaurus biasa membuat arkeolog mempertanyakan kembali identitas fosil tersebut sampai berakhir memberinya nama Pliosaurus funkei.

6. Liopleurodon
Mengerikan, 7 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Liopleurodon adalah genus reptil laut karnivora yang masuk dalam kelompok Pliosauridae, sebuah klad plesiosauria berleher pendek. Liopleurodon hidup pada kala Callovian di Periode Jura Pertengahan (sekitar 160 – 155 juta tahun lalu).

Fosil Liopleurodon pertama kali ditemukan di Prancis pada 1873. Dipercaya reptil laut kuno ini menjadi predator puncak pada masa Jurassic akhir di Eropa.

Walaupun demikian, peneliti percaya hewan ini tidaklah terlalu cepat. Perkiraan kecepatannya masih kalah dengan Hiu Putih zaman sekarang, namun itu diimbangi dengan kemampuan penciuman yang super hebat.

7. Shastasaurus
Mengerikan, 7 Hewan Purba Ini Pernah Menguasai Lautan

Shastasaurus adalah genus ichthyosaurus yang telah punah dari Trias tengah dan akhir, dan merupakan reptil laut terbesar yang diketahui.

Masuk dalam keluarga ichthyosaurs, shastasaurus punya bentuk tubuh yang lebih ramping. Bentukan hidungnya juga tergolong unik, meyakinkan para peneliti bila hewan purba ini makan dengan cara mengisap yang mana itu sangat berbeda ketimbang sepupunya.

Menurut kalian, apa yang menyebabkan hewan-hewan ini punah? Apakah karena perburuan manusia? Atau karena alasan lain?