Sumber Ilmu Berharga yang tidak Bisa Dapat di Perkuliahan

Sumber Ilmu Berharga yang tidak Bisa Dapat di Perkuliahan

Sumber Ilmu Berharga yang tidak Bisa Dapat di Perkuliahan – Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Belajar itu tak melulu di bangku sekolah dan kuliah. Sejatinya ada banyak sumber ilmu yang bisa kamu dapatkan di lingkungan sekitarmu.

Bahkan, ilmu ini bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Ilmu yang kamu dapatkan ini juga bakal berguna bagi hidupmu kelak.

Kira-kira apa saja sih hal yang bermanfaat dan bisa jadi sumber ilmu? Di artikel ini, Situs Togel Deposit Pulsa 10rb akan menjabarkannya untukmu.

1. Buku
5 Kiat Merawat Buku untuk Para Pecinta Buku - Unair News

Buku adalah kumpulan/himpunan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan, gambar atau tempelan.

Buku adalah sumber ilmu. Makin banyak membaca kamu bakal mendapatkan ragam info dan ilmu baru yang tidak kamu tahu sebelumnya. Sekalipun kamu membaca buku fiksi kamu juga bakal menemukan ilmu baru kok, antara lain adalah imajinasimu yang makin tajam. Luangkan waktu untuk membaca selama 10-20 menit sebelum tidur malam.

2. Website atau portal berita
How to Make a Website From Scratch in 2021 (Step by Step)

Situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi

Portal berita atau website bisa jadi salah satu sumber ilmu yang kamu dapatkan secara gratis. Sama halnya dengan buku yang berisi banyak manfaat. Selain bisa mengikuti perkembangan berita terkini, kamu juga jadi tahu ragam tips yang berguna bagi hidupmu. Entah itu tips dalam hal asmara, quote bijak, travel, dan banyak lainnya.

3. Pertemanan
40 Kata-Kata Indah tentang Teman Sejati, Melekat di Hati - Ragam Bola.com

Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial.

Selain sebagai ajang untuk mempertajam skill bersosialisasi, berteman juga membuatmu memiliki ilmu baru. Kerap bercakap-cakap dan share ilmu, pengalaman, dan sudut pandang tentu bakal memperkaya wawasan. Kamu jadi gak hanya terpaku pada satu ideologi saja, tapi kamu juga berpikiran terbuka dan terbiasa memahami perbedaan pendapat.

4. Orang yang ahli di bidangnya
7 Sumber Ilmu Berharga yang Nggak Didapat di Bangku Kuliah

Orang yang ahli di bidangnya bisa kamu jadikan sumber ilmu yang berharga. Misalnya saja, kamu bisa berguru pada ibumu mengenai ilmu memasak dan mengatur keuangan. Atau menimba ilmu pada ayah yang bisa memperbaiki rumah. Belajar langsung dan berkonsultasi dari sang ahli membuat ilmumu meningkat secara otomatis.

5. Menulis buku harian
7 Sumber Ilmu Berharga yang Nggak Didapat di Bangku Kuliah

Menulis buku harian sebenarnya merupakan cara belajar yang bisa kamu lakukan secara otodidak. Menulis bakal membuat pikiranmu terasah. Kamu belajar bagaimana cara merangkai kata, menyampaikan informasi, hingga menggali ide-ide yang ada di kepala. Nggak heran jika kegiatan ini membuatmu jadi pribadi yang lebih kreatif daripada sebelumnya.

6. Lakukan hal-hal yang kreatif
7 Sumber Ilmu Berharga yang Nggak Didapat di Bangku Kuliah

Semua orang memiliki sisi kreatif di dalam diri mereka. Kamu bisa mulai melakukan hal kreatif untuk mengasah bakatmu. Misalnya saja mengisi waktu luang dengan menggambar, melukis, bermain musik, atau membuat karya tangan. Selain mengasah sisi kreatif dalam diri, cara ini juga membuat otak bisa lebih santai.

7. Memberikan bantuan kepada orang sekitar
7 Sumber Ilmu Berharga yang Nggak Didapat di Bangku Kuliah

Perbanyaklah untuk memberi bantuan langsung kepada orang di sekitarmu. Memberi bantuan adalah salah satu cara mempraktekkan hal yang kamu bisa. Selain itu, membantu mereka yang kekurangan bakal mempertebal rasa empati dan simpatimu. Pada akhirnya kamu juga makin tahu caranya bersyukur dan menikmati hidupmu.