Hewan Mamalia yang Memiliki Ciri Berbeda dengan Bangsanya

Hewan Mamalia yang Memiliki Ciri Berbeda dengan Bangsanya

Hewan Mamalia yang Memiliki Ciri Berbeda dengan Bangsanya – Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu, yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya; adanya rambut; dan tubuh yang endoterm atau “berdarah panas”. Kamu pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan mamalia, bukan? Secara sederhana, definisi mamalia adalah makhluk hidup yang betinanya memiliki kelenjar mamae alias kelenjar payudara untuk menyusui anaknya.

yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia theria (berplasenta dan berkantung atau marsupial). Selain itu, mereka juga memiliki banyak ciri lain, misalnya berdarah panas, melahirkan anaknya, serta memiliki penutup tubuh berupa rambut.

Pertanyaannya, apakah semua mamalia memiliki ciri-ciri tersebut? Ternyata ada beberapa pengecualian, lho. Dilansir dari poker88 asia live chat  Inilah lima mamalia yang sangat unik karena memiliki ciri-ciri yang justru berbeda dari sebangsanya.

1. Platipus
Unik, 5 Hewan Mamalia Ini Memiliki Ciri yang Antimainstream

Platipus (Ornithorhynchus anatinus) adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Walaupun Platipus bertelur tetapi ia tergolong ke dalam kelas Mammalia karena ia menyusui anaknya. Monotremata sendiri tidak hanya terdiri dari platipus, tapi ada pula ekidna yang memiliki empat spesies.

Namun seperti dilansir Animal Diversity, platipus juga punya beberapa ciri mamalia, misalnya mereka berambut dan bisa menyusui anaknya. Bedanya adalah mereka tidak punya puting. Susu dari kelenjar payudara sang induk keluar melalui kulitnya, lalu si bayi akan mengisap atau menjilatinya.

2. Codot dayak
Unik, 5 Hewan Mamalia Ini Memiliki Ciri yang Antimainstream

Codot adalah nama umum bagi jenis-jenis kelelawar pemakan buah. Codot, bersama dengan kalong, nyap, paniki dan sebangsanya, membentuk suku Pteropodidae, subordo Megachiroptera (kelelawar besar). Namun pada codot dayak (Dyacopterus spadiceus), ternyata pejantan menghasilkan susu adalah hal yang biasa.

Ya, codot yang hidup di Indonesia ini sangat unik karena pejantannya memiliki kelenjar payudara yang membesar seperti betina dan bisa menghasilkan susu. Masih belum jelas apakah “si ayah” memang menyusui bayinya. Namun yang pasti, codot ini adalah satu-satunya hewan yang pejantannya diketahui bisa menghasilkan susu secara natural.

3. Tikus mondok telanjang
Unik, 5 Hewan Mamalia Ini Memiliki Ciri yang Antimainstream

Ciri lain yang pastinya dimiliki oleh mamalia adalah berdarah panas. Mereka bisa menghasilkan panas sehingga suhu tubuhnya pun tidak tergantung pada lingkungan. Namun dilansir laman BBC, ternyata hal itu tak selalu berlaku. Ada sejumlah mamalia yang bisa dibilang berdarah dingin, salah satunya tikus mondok telanjang.

Tikus mondok telanjang adalah hewan yang sangat unik dalam hal penampilan maupun cara hidup. Selain itu, hewan bernama latin Heterocephalus glaber ini juga ternyata tak bisa menghasilkan panas dari dalam tubuhnya. Itulah kenapa, mereka tak bisa disebut hewan berdarah panas.

Hewan terkadang memang tidak memiliki kemampuan tertentu karena tidak membutuhkannya. Contohnya, banyak jenis hewan yang seumur hidupnya tinggal di dalam goa yang gelap, sehingga mata mereka pun mengecil atau bahkan hilang. Itulah alasan tikus mondok telanjang tak bisa menghasilkan panas dari dalam tubuh, karena mereka memang tak butuh kemampuan itu.

4. Tenggiling
Unik, 5 Hewan Mamalia Ini Memiliki Ciri yang Antimainstream

Tenggiling atau trenggiling (juga disebut sebagai pemakan-semut bersisik) adalah mamalia dari ordo Pholidota. Satu keluarga yang masih ada, Manidae, memiliki tiga genera, Manis yang terdiri dari empat spesies yang hidup di Asia, Phataginus yang terdiri dari dua spesies hidup di Afrika, dan Smutsia yang terdiri dari dua spesies juga tinggal di Afrika.

Saat bertemu manusia, tenggiling juga akan menggulungkan tubuhnya menjadi bola. Sayangnya, dalam kondisi tersebut, pemburu pun bisa dengan mudah mengangkutnya untuk dibawa pergi. Akibatnya, tenggiling jadi hewan mamalia yang paling banyak diburu, dan beberapa spesiesnya kini terancam kritis. Sayang banget kalau mamalia unik ini sampai punah.

5. Loris lamban
Unik, 5 Hewan Mamalia Ini Memiliki Ciri yang Antimainstream

Kukang —kadang-kadang disebut pula malu-malu— adalah jenis primata yang gerakannya lambat. Warna rambutnya beragam, dari kelabu keputihan, kecoklatan, hingga kehitam-hitaman.

Loris lamban adalah sejenis primata yang tergabung dalam genus Nycticebus dan terdiri dari sembilan spesies. Hewan ini memang tampak sangat imut, seperti terlihat dalam foto di atas. Namun jangan salah, mereka memiliki racun yang sanggup membunuh manusia.

Itulah lima mamalia yang sangat unik karena memiliki ciri yang tidak seperti ciri-ciri mamalia pada umumnya. Hal itu membuktikan bahwa keanekaragaman dalam dunia satwa memang sangat menakjubkan!