Lima Hal Kegiatan Seru Ini Bisa jadi Sumber Ilmu Pengetahuan

Lima Hal Kegiatan Seru Ini Bisa jadi Sumber Ilmu Pengetahuan

Lima Hal Kegiatan Seru Ini Bisa jadi Sumber Ilmu PengetahuanSumber ilmu merupakan tanda-tanda yang ada di dalam alam semesta, yang ada dalam diri manusia sendiri, atau di dalam aspek lainnya. Dalam keseharian manusia, ada banyak sekali tukar-menukar informasi lewat kegiatan yang kita lakukan. Tak selalu tentang belajar, tetapi hampir setiap kegiatan yang kita lakukan, memiliki unsur belajar yang bisa banget kita manfaatkan.

Kegiatan adalah aktivitas, usaha, atau pekerjaan.13suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus. Di luar dari sekadar membaca buku, ternyata ada lho lima hal seru yang bisa dijadikan sumber ilmu pengetahuan! Penasaran hal seru apakah itu? Dilansir dari Download Aplikasi IDNPlay Berikut adalah lima hal seru yang bisa kamu jadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan!

1. Menonton film
Anti Mainstream, 5 Hal Seru Ini Bisa jadi Sumber Ilmu Pengetahuan!

Film, juga dikenal sebagai movie, gambar hidup, film teater atau foto bergerak, merupakan serangkaian gambar diam, yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak karena efek fenomena phi.

Hal apa sih yang biasanya kamu soroti ketika sedang menonton film? Alur ceritanya, latarnya, pemerannya, atau nilainya? Mayoritas film, memiliki banyak sekali ilmu pengetahuan yang sebenarnya bisa kita manfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan film komedi pun bisa saja menjadi sumber ilmu pengetahuan. Jadi nggak ada salahnya kok belajar dari hal-hal yang anti mainstream.

2. Mendengar podcast
Anti Mainstream, 5 Hal Seru Ini Bisa jadi Sumber Ilmu Pengetahuan!

Siniar (bahasa Inggris: podcast) atau siaran web tanalir (non-streaming webcast) adalah serangkaian berkas media digital (baik audio maupun video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui sindikasi web.

Bukan rahasia lagi sepertinya apabila podcast disebut-sebut sebagai media baru dalam berbagai informasi seperti halnya belajar. Bahkan saat ini, lebih banyak kaum millennials yang lebih menyukai belajar lewat podcast ketimbang lewat buku. Sebab, mendengar lebih mudah dilakukan ketimbang membaca yang lebih fokus pada sistem penglihatan.

3. Mendengar radio
Anti Mainstream, 5 Hal Seru Ini Bisa jadi Sumber Ilmu Pengetahuan!

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik).

Mirip seperti podcast, radio juga bisa dijadikan sarana belajar yang lebih efektif karena biasa diselingi dengan musik. Sedari dulu, radio sering digunakan sebagai sarana hiburan dan juga belajar. Belajar seperti apa? Belajar hal-hal yang sedang ramai dibicarakan, seperti analisis keuangan lewat berita, atau belajar perihal politik yang memang sering kita dengar pembahasannya di radio.

4. Bertualang
Anti Mainstream, 5 Hal Seru Ini Bisa jadi Sumber Ilmu Pengetahuan!

Jangan takut untuk bertualang. Mungkin sebagian dari kita menganggap bertualang hanya menghabiskan tenaga, kotor dan juga jauh dari kata tenang. Tapi, bertualang nyatanya tak harus tentang kotor atau aktivitas fisik. Tetapi juga bertualang mengenali hal-hal baru seperti halnya anak-anak yang keluar rumah untuk mempelajari alam di sekitarnya. Hal ini bahkan lebih efektif di mana kita lebih dekat dengan objek pembahasan kita.

5. Bermain game
Anti Mainstream, 5 Hal Seru Ini Bisa jadi Sumber Ilmu Pengetahuan!
Berdasarkan pengalaman, banyak orang yang ternyata memiliki perkembangan dalam bidang akademik ketika mereka bermain game. Misalnya saja meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris, serta kemampuan berhitung yang lebih efisien. Semua itu dimulai dari hobi dan kenyamanan kita sebagai manusia yang menjalaninya.
Belajar bisa dari mana saja kalau kamu peka dan mencoba menggali dari setiap kejadian di sekitar. Mulai dari film hingga podcast bisa kamu nikmati buat dijadikan pembelajaran baru.