Lima Fakta Tentang Anjing Laut Harpa dari Bumi Utara

Lima Fakta Tentang Anjing Laut Harpa dari Bumi Utara

Lima Fakta Tentang Anjing Laut Harpa dari Bumi Utara – Pagophilus groenlandicus adalah spesies anjing laut tanpa telinga, atau anjing laut sejati, asli dari Samudra Atlantik utara dan Samudra Arktik. Anjing laut merupakan keluarga pinnipedia yang tersebar mulai dari belahan bumi utara hingga selatan.

Awalnya dalam genus Phoca dengan sejumlah spesies lain, ia direklasifikasi menjadi genotipe Pagophilus pada 1844. Dari banyaknya jenis anjing laut tersebut, salah satu jenis yang bisa ditemui di Atlantik Utara dan Perairan Arktika adalah anjing laut harpa. Mereka dinamakan demikian lantaran adanya tanda berwarna gelap berbentuk seperti harpa ketika beranjak dewasa.

Sama seperti kebanyakan keluarga pinnipedia, mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air. Terhitung mereka dapat menahan nafas di dalam air selama 15 menit dan menyelam hingga ratusan meter di bawah permukaan laut. Dikutip dari poker88 asia live chat Tentunya tak hanya itu saja, anjing laut harpa juga menyimpan sejumlah fakta menarik yang tentunya sayang banget untuk dilewatkan. Penasaran bukan? Yuk simak dalam artikel berikut ini!

1. Tampilan bulu anjing laut harpa berubah seiring bertambahnya usia
5 Fakta Menarik Anjing Laut Harpa, Si Imut dari Belahan Bumi Utara

Anjing laut harpa memiliki fase warna bulu yang berbeda sesuai dengan usia mereka. Pada masa awal hidup mereka, bulunya lebih tebal dan cenderung berwarna putih salju. Bulu pada anjing laut harpa muda biasa disebut dengan nama “lanugo” yang akan bertahan selama kurang lebih 3 sampai 4 minggu sejak mereka lahir.

Melansir NOAA, khusus bagi anak anjing laut harpa, bulunya sangat berguna untuk menyerap dan menyimpan panas matahari agar suhu tubuh mereka dapat terjaga. Selain itu, warna putih pada bulunya juga berguna sebagai alat kamuflase untuk mengelabui predator di sekitarnya.

2. Anjing laut harpa punya peran penting di lingkungan mereka, baik sebagai predator maupun mangsa
5 Fakta Menarik Anjing Laut Harpa, Si Imut dari Belahan Bumi Utara

Dalam mata rantai makanan, anjing laut harpa dapat dikatakan berada di posisi tengah. Mereka merupakan karnivora yang berburu ikan dan makhluk kecil lain, namun juga merupakan mangsa potensial bagi hewan lain.

Sedangkan sebagai mangsa, anjing laut harpa dewasa merupakan mangsa potensial bagi orca. Selain itu, anak anjing laut harpa juga dapat menjadi sumber makanan bagi beruang kutub, rubah, hingga serigala.

3. Tiap tahunnya mereka dapat bermigrasi hingga ribuan kilometer
5 Fakta Menarik Anjing Laut Harpa, Si Imut dari Belahan Bumi Utara

Anjing laut harpa merupakan hewan yang bermigrasi pada musim-musim tertentu. Arah gerak migrasi mereka ditentukan oleh dimana kawanan besar anjing laut akan berkembang biak dan menggugurkan bulu.

Melansir Animal Diversity, anjing laut harpa tiap tahunnya dapat menempuh jarak hingga 5.000 km untuk bermigrasi. Untuk waktu migrasinya sendiri, mereka biasanya bermigrasi ke tepi selatan pada bulan Februari sampai Mei untuk berkembang biak dan menggugurkan bulu. Baru kemudian mereka kembali ke utara pada saat musim panas hingga bulan September.

4. Induk anjing laut harpa tidak akan berlama-lama untuk mengurus anaknya
5 Fakta Menarik Anjing Laut Harpa, Si Imut dari Belahan Bumi Utara

Anak anjing laut harpa ternyata tidak punya waktu yang panjang bersama induknya. Terhitung sang induk hanya akan menemani anak anjing laut harpa selama 10 sampai 12 hari saja sebelum akhirnya akan pergi meninggalkan mereka.

Setelah periode pengasuhan yang singkat tersebut, anak anjing laut harpa yang belum bisa berenang harus menghadapi ancaman dari berbagai predator dan terpaksa harus menahan lapar hingga 6 minggu. Mereka baru bisa berenang dan berburu setelah berusia remaja atau ketika bulunya berubah menjadi warna perak.

5. Anjing laut harpa saat ini jadi target perburuan demi bulunya yang cantik
5 Fakta Menarik Anjing Laut Harpa, Si Imut dari Belahan Bumi Utara

Dibalik keimutan anak dari anjing laut harpa, ternyata terdapat cerita pilu dibaliknya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anak anjing laut harpa benar-benar rentan terhadap segala bahaya dan cenderung jadi target mudah bagi predator, termasuk manusia.

Melansir National Geographic, anak anjing laut harpa telah lama diburu secara masif demi bulu putihnya yang cantik. Dalam kurun waktu setahun, mereka dapat diburu hingga ratusan ribu ekor di berbagai tempat. Terlebih lagi, anjing laut harpa juga dinobatkan sebagai jenis anjing laut yang penting dari segi komersial.

Itu dia kelima fakta menarik dari anjing laut harpa. Ternyata dibalik kelucuan mereka, terdapat sejumlah fakta mengejutkan yang bikin sedih, ya. Fakta mana yang membuatmu paling tertarik dengan hewan yang satu ini?