Inilah Software Istimewa bagi Para Pecinta Anime dan Komikus

Inilah Software Istimewa bagi Para Pecinta Anime dan Komikus

Inilah Software Istimewa bagi Para Pecinta Anime dan KomikusAnime (bahasa Jepang:  adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kamu suka budaya Jepang, terutama anime dan manga? Oh, kamu bahkan bisa menggambar dengan gaya anime? Itu bagus. Sekarang kamu tinggal mencari peralatan digital yang tepat untukmu.

Komikus adalah orang yang ahli membuat komik (KBBI). Istilah komikus dipakai di negara Indonesia untuk menyebut pembuat komik, baik orang yang menciptakan cerita sekaligus pelukisnya dilansir dari Livechat Live22 Indonesia maupun hanya pelukis/ilustrator saja. Mungkin saja kamu bisa jadi seperti siswi asal Mojokerto ini.

Seorang siswi SMAN 1 Mojosari bernama Marsekal Aulia Putri Sulistijawan menunjukkan bakat menggambar dan hobi dapat mendatangkan berkah yang tidak disangka-sangka.

1. SYSTEMAX SAI Paint Tool

Kalau kamu suka menggambar manga, pastinya kamu tahu piranti lunak yang satu ini, yaitu Paint Tool SAI. Dikembangkan oleh SYSTEMAX, perusahaan Jepang yang mendedikasikan piranti lunak ini untuk pembuatan manga dan anime, piranti ini adalah salah satu perlengkapan wajib jika ingin memulai karirmu!

Mudah digunakan dan tidak makan banyak memori, SAI mengusung fitur-fitur utama seperti:

  • Banyaknya kuas yang sudah tersedia,
  • Pensil watercolor dan marker yang dapat kamu modifikasi lewat unduhan dari internet, serta
  • Mengusung layer untuk menghasilkan karya yang dijamin ciamik.
2. CLIP Studio Paint

Siapa seniman manga atau anime yang tidak tahu soal CLIP Studio Paint? Tidak mungkin! Pasalnya, piranti lunak besutan perusahaan piranti lunak untuk desain grafis asal Negeri Sakura, Celsys, ini adalah salah satu piranti lunak menggambar yang sering dipakai oleh para mangaka (seniman manga) profesional.

Bahkan, reputasi piranti lunak ini juga diakui oleh para seniman komik Barat, lho!

“We are talking about Marvel and DC!”

Mengapa mereka mempercayakan karir mereka di tangan CLIP?

  • CLIP memiliki rentang fitur yang luas. Salah satunya adalah pewarnaan yang dapat dimodifikasi. Selain pewarnaan, setting seperti pensil, pena, dan selection tool juga dapat dimodifikasi.
  • Efek multiple airbrush!
  • Vector toolkit yang memudahkanmu untuk menciptakan karya seni dengan cepat.
3. Adobe Photoshop

Sekarang, semakin banyak seniman manga dan komik yang beralih ke Adobe Photoshop. Dengan fitur dan “peralatannya” yang berlimpah, kamu bisa memulai karyamu dari awal hingga akhir di piranti lunak ini.

  • Sketsa yang telah kamu buat di kertas dapat kamu lanjutkan secara digital di Photoshop.
  • Pengguna tablet desain diuntungkan dengan brush tool, sementara pengguna tetikus diuntungkan dengan pen tool. Dengan kedua tools tadi, kamu dapat memastikan tidak ada garis yang berantakan dari gambarmu.
  • Seperti piranti lunak menggambar lainnya, kamu dapat mewarnai sketsamu di Photoshop. Bukan hanya itu, proses shading menjadi lebih efektif dengan piranti lunak ini. Hasilnya, shading terlihat menyatu dan natural.
4. SmithMicro Manga Studio

Tidak kalah populernya dengan tiga piranti lunak menggambar sebelumnya, Manga Studio dari SmithMicro juga tidak ingin kalah. Tidak tanggung-tanggung, piranti lunak ini menyematkan “Manga” pada namanya. Artinya, piranti lunak satu ini memang diciptakan untuk memudahkan para mangaka.

Dengan rentang fitur yang luas, kamu pun dapat mempertimbangkan Manga Studio sebagai piranti lunak utama untuk berkarya.

  • Sama seperti CLIP, Manga Studio mendukung vector toolkit untuk menggambar line art.
  • Warna yang dikelompokkan berdasarkan genre.
  • Screen tone dan penggaris perspektif yang membantumu menggambar tata ruang dan karakter 3 dimensi.
  • Kebingungan harus pakai pose apa? Benci anatomi? Tenang saja. Manga Studio menyediakan referensi manekin digital.
  • Pena digital pada Manga Studio dicocokkan dengan pena tradisional yang sering digunakan oleh para mangaka profesional.
5. Corel Painter

Piranti lunak satu ini amat disarankan jika kamu suka menggunakan kuas. Ya, Corel Painter adalah piranti lunak yang akan membantumu membuat karya bergaya manga. Memang, kekuatan dari Corel Painter terletak pada kuas digitalnya.

6. Inkscape

Kamu paham cara menggunakan Adobe Illustrator? Jika iya, maka kamu akan cepat akrab dengan piranti lunak satu ini. Inkscape adalah piranti lunak menggambar berbasis open source berbasis vektor yang gratis. Sekali lagi, kami tekankan.

“G-R-A-T-I-S”

Dengan berbasis vector, menciptakan gambar berkualitas tinggi dan tidak pecah, Inkscape patut dipertimbangkan.

  • Sama seperti piranti lunak menggambar sebelumnya, kamu dapat mengunggah pindaian gambarmu melalui scanner ke Inkscape.
  • Mendukung hampir seluruh format file gambar.
  • Menyediakan varian warna yang luas.
7. PGN openCanvas

Piranti lunak satu ini lumayan populer di kalangan seniman manga dan anime amatir dan profesional, yaitu openCanvas. Tentu saja, selain manga, kamu yang suka dengan komik Barat pun juga dapat menggunakannya.

  • Semakin mudah mewarnai karyamu! openCanvas menyediakan kuas dalam berbagai varian seperti contoh Pen Tool berbasis raster, cat air, hingga marker.
  • Sangat direkomendasikan untuk inking.
  • Didukung sistem layering, sehingga memudahkan proses editing.
  • Antarmuka pengguna yang tidak berbelit-belit.
  • Memiliki screen tonepaper texture, dan berbagai pattern yang dapat digunakan untuk membuat karya bergaya manga.
8. MyPaint

Piranti lunak menggambar terakhir di daftar ini adalah MyPaint. Piranti lunak open source ini dapat kamu gunakan secara gratis! Bagian terbaiknya adalah meskipun gratis, MyPaint juga menyediakan fitur yang tidak kalah gunanya dari para pesaingnya yang berbayar. Apa sajakah fitur yang diusung oleh MyPaint?

  • Fitur pen dan brush yang dapat dimodifikasi mulai dari pensil hingga arang!
  • Fitur blending untuk memodifikasi luminosity, overlay, dan saturation.
  • Tampilan antarpengguna yang tidak rumit memudahkan proses produksi.

Apakah karena gratis, karya yang dihasilkan kemungkinan besar akan berbeda jauh daripada yang berbayar? Tidak juga. Semuanya tergantung pada kemampuanmu, kok!

Berikut adalah demonstrasi menggambar Neopolitan, karakter dari seri “RWBY“, oleh nerdgasmz dengan menggunakan MyPaint. Hasilnya tidak jauh beda dengan piranti lunak lainnya, kan?