Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kucing Suka Menjilati Kamu

Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kucing Suka Menjilati Kamu

Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kucing Suka Menjilati Kamu – Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Kata “kucing” biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada “kucing besar” seperti singa dan harimau. Lidah kucing merupakan salah satu bagian tubuh kucing yang paling penting. Permukaan lidah kucing penuh dengan duri kecil, yang bertindak sebagai sisir ketika kucing sedang melakukan grooming sendiri dan sebagai parutan saat makan.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen. Karena alasan tersebut, salah satu kegiatan harian favorit kucing adalah menjilati. Perilaku ini juga tidak terbatas hanya menjilati dirinya sendiri.

Makanan, berbagai benda, bahkan manusia bisa jadi objek menjilat favorit kucing. Sebagai pemilik kucing, kamu mungkin bingung kenapa kucing sangat suka menjilati kamu. Ada banyak alasan untuk hal ini, Dikutip dari laman poker88 asia live chat tetapi umumnya dianggap sebagai perilaku positif. Berikut adalah beberapa alasan paling umum mengapa kucing suka menjilati kamu.

Tak Disangka, Ini 5 Alasan Kucing Suka Menjilati Kamu

Menjilat adalah cara menunjukkan kasih sayang yang penting pada kucing, dan menjilat bisa menjadi tanda kasih sayang antara kucing dan antara kucing dan manusia. Sama seperti manusia yang menunjukkan kasih sayang kepada kucing dengan mengelusnya, kucing mungkin mencoba membalas budi dengan menjilati pemiliknya.

Menjilat juga sering kali merupakan tanda bahwa kucing sedang merasa tenang atau berusaha mendapatkan ketenangan dari kecemasan.

2. Menandai kamu sebagai miliknya

Tak Disangka, Ini 5 Alasan Kucing Suka Menjilati Kamu

Kucing menggunakan feromon untuk menandai daerah mereka. Pada umumnya, kucing menandai sesuatu dengan mengencinginya, tetapi mereka juga dapat menandai kepunyaan mereka dengan cara lain. Menjilati dan menggosok kepala adalah cara kucing menandai kamu sebagai bagian dari miliknya.

Saat kucing menggosokkan kepalanya padamu atau menjilati kamu, mereka memberi tahu pada semuanya bahwa kamu penting baginya. Kamu mungkin juga akan memperhatikan bahwa terkadang kucing lain menghindar darimu, ini bisa jadi karena mereka mencium bahwa kamu sudah menjadi milik kucing lain.

3. Menganggap kamu sebagai bagian dari keluarga
Tak Disangka, Ini 5 Alasan Kucing Suka Menjilati Kamu

Sebagai pemilik kucing, kamu pasti paham bahwa kucing akan memberikan tikus atau burung mati pada pemiliknya dalam upaya berbagi makanan lezat. Kucing juga sering memberi pemiliknya hewan hidup dalam upaya untuk mengajari manusia berburu.

Saat kucing menjilati kamu, bisa jadi mereka sedang berusaha mengajari kamu untuk merawat diri sendiri. Ini adalah kenangan yang dimiliki kucing karena dijilat oleh induknya sendiri dan merupakan tanda kasih sayang yang nyata. Kucing juga sangat memperhatikan suasana hati pemiliknya, sehingga kamu mungkin merasa kucing jadi lebih penyayang saat kamu sedang stres atau sakit.

4. Mereka sedang membersihkan kamu
Tak Disangka, Ini 5 Alasan Kucing Suka Menjilati Kamu

Dalam dunia kucing, ada gagasan bahwa kulit yang tertutup air liur kucing itu bersih. Ini juga merupakan perilaku penting yang mendorong ikatan bagi kucing. Dalam sekelompok kucing yang hidup bersama, biasanya ada ‘allo-groomer’, yaitu kucing yang menjilat dan merawat kucing lain dalam kelompok tersebut.

Biasanya, ini terjadi pada anggota kelompok yang saling berhubungan satu sama lain, seperti keluarga. Jadi, menjilat manusia mungkin merupakan upaya kucing untuk membersihkan kamu dan memasukkan kamu sebagai bagian dari kelompoknya.

5. Mereka mencicipi sesuatu yang menarik
Tak Disangka, Ini 5 Alasan Kucing Suka Menjilati Kamu

Kucing juga mungkin akan menjilati kamu saat merasa ada sesuatu yang menarik. Misalnya, saat kamu tanpa sengaja menumpahkan makanan di lenganmu, jangan terkejut jika kemudian kucing mendatangimu untuk mencicipinya.

Namun, terkadang, tidak perlu tumpahan untuk membuat kucing merasa ada sesuatu yang menarik pada manusia. Kucing suka menjilati garam yang menumpuk di kulit manusia secara alami.