Ini Beberapa Software yang Bagus untuk di iOS dan MacOS

Ini Beberapa Software yang Bagus untuk di iOS dan MacOS

Ini Beberapa Software yang Bagus untuk di iOS dan MacOS – iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi seluler yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc. khusus untuk perangkat kerasnya. Kamu memiliki iPad atau iMac dan kamu suka sekali menulis? Jika iya, artikel ini ditujukan untukmu. Jika tidak? Semoga dengan artikel ini, kamu bersemangat untuk menulis.

macOS, atau yang sebelumnya disebut OS X, adalah sistem operasi dengan antarmuka grafis yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Dilansir dari Download Aplikasi IDNPlay Inilah piranti-piranti lunak pada iOS dan MacOS yang dapat penggemar Apple pakai untuk memperlancar ide dan kegiatan kesusastraan.

1. Pages
Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Pages adalah pengolah kata yang dikembangkan oleh Apple Inc. Ini adalah bagian dari rangkaian produktivitas iWork dan berjalan pada sistem operasi macOS, iPadOS, dan iOS.

Pertama, mari mulai dengan memang yang sudah ada di MacOS dan iOS, yaitu “Pages“.

Oh ya, jika kamu sudah terlanjur mengerjakan satu dokumen dalam format Microsoft Word, Pages mengerti dan mendukung format tersebut juga.

Kalau kamu adalah seorang pembawa acara, tidak perlu susah-susah. Pages dapat dijadikan teleprompter dengan Presenter Mode! Tinggal ketik saja apa yang ingin kamu katakan, selesai, deh.

Benar-benar praktis! Dan satu lagi: GRATIS!

2. Microsoft Word
Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989).

Jika kamu pengguna Microsoft Word, kamu pastinya sudah kenal dengan fitur-fiturnya yang ramah pengguna dan dapat membuat proses menulis menjadi cepat dan tidak berbelit-belit.

Akan tetapi, meskipun tersedia secara gratis, untuk menikmati fitur-fitur eksklusif lainnya, kamu diharuskan membeli paket Office 365 Home seharga Rp1,2 juta (Rp120 ribu per bulan) atau Office 365 Home & Business seharga Rp4,7 juta (sekali beli).

3. Google Docs
Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Google Dokumen adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google.

Jika kamu mencari piranti lunak dengan fitur yang tidak kalah anyarnya dengan Microsoft Word dan Pages dan fitur kolaboratif yang lancar abis, Google punya jawabannya.

Tidak perlu khawatir, sama seperti rival-rivalnya, Google Docs dapat dikerjakan secara luring, sambil menunggu internet nyala lagi. Tentu saja, jika internet mati, all by yourselves.

Jika sudah selesai, kamu tinggal mengunduh hasil pekerjaanmu, kalau-kalau saja kamu ingin menyuntingnya di piranti pengolah kata lain.

4. Werdsmith
Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Sesuai dengan namanya yang merupakan pelesetan dari “Wordsmith” (pengrajin kata), piranti lunak ini didedikasikan bagi para penulis yang siap menuangkan idenya dalam bentuk cerita pendek (cerpen), novel, lagu, hingga puisi. Tidak main-main, Werdsmith mendapat rating hingga 4,6 bintang pada App Store.

Werdsmith menyediakan template dan opsi formatting yang memudahkan para penulis untuk menuangkan ide mereka. Jika kamu sudah selesai menulis, kamu juga dapat memamerkan karyamu ke media sosial, lho! Disambungkan dengan Touch ID, kamu dapat menyimpan kerjaanmu di Werdsmith tanpa takut dibuka orang.

Akan tetapi, dengan versi gratisnya, Werdsmith membatasi jumlah dokumen yang bisa kamu kerjakan. Kamu ingin bekerja tanpa batas? Bayar Rp45 ribu.

5. Ulysses
Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Ulysses merupakan novel karya pengarang Irlandia James Joyce. Novel ini pertama kali diterbitkan dalam bentuk cerita bersambung dalam jurnal sastra Amerika The Little Review dari tahun 1918 sampai 1920.

Perkenalkan, Ulysses, piranti lunak pengolah kata satu ini juga dapat memudahkan perjalanan para penulis. Nama piranti lunak ini mungkin mengingatkanmu pada novel dengan judul yang sama oleh penulis asal Irlandia, James Joyce.

6. Creative Writer
Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Menulis kreatif adalah segala tulisan yang melampaui batas-batas literatur profesional, jurnalistik, akademik, atau teknis, yang biasanya diidentifikasi dengan penekanan pada keterampilan naratif, pengembangan karakter, dan penggunaan kiasan sastra atau dengan berbagai tradisi puisi dan puisi

Kamu sering mengalami writer’s block? Hal tersebut sama dengan art block pada seniman. Itu adalah keadaan di mana kamu, sebagai penulis, menghadapi situasi mandeknya ide dan inspirasi.

Piranti lunak pengolah kata ini hadir secara gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati pilihan kata yang lebih indah, kamu dihadapkan pada tiga paket: Power Mode (Rp30 ribu), Writer’s Pack (Rp57 ribu), dan Cooking Recipes (Rp30 ribu).

7. TextEditor
Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Penyunting teks atau editor teks adalah suatu jenis perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menyunting teks biasa.

Jika kamu khawatir dengan in-app purchase, kamu tidak perlu khawatir dengan TextEditor. Piranti lunak pengolah kata dari Savy Soda ini benar-benar gratis! Tidak ada penambahan yang memaksamu harus merogoh kocek. Bahkan, update-nya pun tetap cuma-cuma!