Yukz Wisata Alam di Tana Toraja yang Serasa Berada di Swiss

Yukz Wisata Alam di Tana Toraja yang Serasa Berada di Swiss

Yukz Wisata Alam di Tana Toraja yang Serasa Berada di Swiss – Kabupaten Tana Toraja adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota dari kabupaten ini ada di kecamatan Makale. Tana Toraja memiliki luas wilayah 2.054,30 km² dan pada tahun 2020 memiliki penduduk sebanyak 288.202 jiwa dengan kepadatan 140,29 jiwa/km².

Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya suku Nias yang ada di provinsi Sumatra Utara. Daerah ini merupakan salah satu objek wisata unggulan di provinsi Sulawesi Selatan.

Alamnya yang asri dan indah membuat siapapun hendak menjamah setiap keindahan alam yang ada di pulau ini. Terletak di Sulawesi Selatan, Tana Toraja merupakan salah satu Agen Poker77 surganya wisata alam yang patut kamu kunjungi. Selain wisata alamnya, kamu pun akan dibuat takjub dengan wisata adat dan budaya di Tana Toraja.

1. Desa Adat Kete’ Kesu
5 Rekomendasi Wisata Alam di Tana Toraja, Bak Liburan di Swiss!

Selagi menikmati indahnya alam di Toraja, tidak lengkap rasanya jika kamu tak menikmati keunikan adat istiadat di Toraja. Desa adat ini menjadi lokasi wisata alam dan budaya yang bahkan peninggalan sejarahnya telah diakui oleh UNESCO.

Terletak di Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, desa ini menyuguhkan pesona jejeran rumah adat yang disebut Tongkonan.

Selain itu Desa Adat Kete’ Kesu juga dikenal dengan keindahan kerajinan tangannya seperti pahatan dan berbagai macam suvenir lainnya. Dan yang tak boleh sampai kamu lewatkan ketika ke Kete’ Kesu yaitu melihat pemakaman warga dan leluhur Tana Toraja yang unik dan kental akan adat istiadatnya.

Jika kamu beruntung, kamu juga bisa melihat upacara adat Rambu Solo dan Rambu Tuka yang diselenggarakan di desa ini.

2. Bukit Ollon
5 Rekomendasi Wisata Alam di Tana Toraja, Bak Liburan di Swiss!

Bukit Ollon merupakan salah satu destinasi wisata alam di Tana Toraja yang wajib banget kunjungi. Meskipun jalan untuk menuju ke bukit ini cukup terjal dan ekstrem, namun kamu tidak akan kecewa saat melihat pesona Bukit Ollon yang luar biasa. Di sini kamu bisa menikmati hamparan bukit-bukit hijau yang memesona sejauh mata memandang layaknya berlibur ke negara Swiss.

Menariknya lagi jika ingin berlama-lama menikmati tempat ini, kamu bisa berkemah di perbukitan dan juga berkuda milik perternakan warga sekitar dengan harga yang masih sangat terjangkau.

Jika tertarik mengunjunginya, bukit Ollon terletak sekitar 40 km dari pusat kota Makale, tepatnya di Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja.

3. Patung Yesus Buntu Burake
5 Rekomendasi Wisata Alam di Tana Toraja, Bak Liburan di Swiss!

Patung Yesus Buntu Burake merupakan wisata alam dan juga wisata religi yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing. Pasalnya Patung Yesus Buntu Burake atau juga disebut dengan Patung Yesus Memberkati ini merupakan patung Yesus tertinggi di dunia dengan tinggi sekitar 40 meter yang berhasil mengalahkan patung Christ the Redeemer di kawasan Rio de Janeiro, Brasil yang memiliki ketinggian sekitar 38 meter.

Tak hanya itu kamu juga bisa memacu adrenalin sambil menikmati keindahan alam Tana Toraja di jembatan kaca sepanjang 90 meter dari ketinggian puncak bukit Buntu Burake pada 1.700 mdpl.

4. Lolai
5 Rekomendasi Wisata Alam di Tana Toraja, Bak Liburan di Swiss!

Lolai atau sering disebut dengan nama ‘Negeri di Atas Awan’ merupakan tempat wisata alam yang berada di Benteng Mamulu, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara. Di sini kamu bisa menikmati keindahan gumpalan awan yang memukau serta pemandangan gunung-gunung di sekitarnya.

Jika menginginkan pemandangan yang luar biasa ini, sebaiknya kamu datang dari dini hari dan melihat indahnya matahari terbit dari puncak Lolai sambil menikmati secangkir kopi yang tak akan mengecewakan.

5. Batutumonga
5 Rekomendasi Wisata Alam di Tana Toraja, Bak Liburan di Swiss!

Jika belum puas dengan negeri di atas awan Lolai, kamu juga bisa menikmati keindahan gumpalan awan dan hamparan sawah yang luas di Batutumonga yang berada di kawasan kaki Gunung Sesean yang berjarak 24 km dari pusat kota Rantepao, Toraja Utara. Selain menikmati keindahan alam di Batutumonga, kamu juga bisa mengunjungi kawasan makam batu Lo’ko Mata yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Tana Toraja merupakan salah satu daya tarik wisata Indonesia, dihuni oleh Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias. Daerah ini merupakan salah satu objek wisata di Sulawesi Selatan.