Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya yang Buat Hunian Estetik

Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya yang Buat Hunian Estetik

Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya yang Buat Hunian Estetik – Hari raya adalah sebuah hari yang khusus. Hari khusus ini berbeda-beda di setiap negara atau kebudayaan. Hari raya biasanya ditandai dengan perayaan-perayaan bagi kelompok yang bersangkutan dan mungkin juga dengan diliburkannya kantor dan sekolah secara umum.

Bulan suci Ramadan dan perayaan Lebaran pada tahun ini, terasa berbeda. Sebab, ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi di tengah pandemik COVID-19. Salah satunya adalah imbauan untuk menjaga jarak dan larangan mudik ke kampung halaman.

Walau jarak terbentang di antara kerabat dan keluarga, kita tetap bisa menjalin tali silaturahmi secara online. Hal ini jadi topik utama dari acara “Virtual Media Workshop Tokopedia: Inspirasi dan Tips Dekorasi Rumah Sambut Silaturahmi Virtual” yang diselenggarakan Club388 Indonesia pada Senin (26/4/2021), pukul 15.00 WIB.

Dalam workshop tersebut, ada 5 tips dekorasi rumah di Hari Raya Lebaran supaya makin nyaman dan terlihat estetik. Kalau kamu pengen tahu apa saja tipsnya, langsung saja simak artikelnya!

1. Di tengah pandemik COVID-19, kegiatan mendekorasi rumah menjadi hobi baru yang digeluti banyak orang
Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya Lebaran, Bikin Hunian Makin Estetik!

Karena pandemik COVID-19 membuat banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah, muncullah hobi dan kegemaran baru di tengah masyarakat, yaitu mendekorasi hunian mereka.

Hal ini juga terlihat dari data transaksi di Tokopedia. “Ada peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat pada kategori Home & Living di Tokopedia selama Quarter 1 2021,” ujar Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.

Dari beragam gaya dekorasi yang dilakukan, menurut Kania Bunga Waraspati sebagai Interior Communication Manager Dekoruma, ada tren terkini yang disenangi masyarakat. “Lebih ke space-saving dan Japandi (Japan-Scandinavian) style udah mulai banyak ya diminati oleh masyarakat. Jadi, dengan penggunaan warna-warna natural nan alami,” tuturnya.

2. Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendekorasi rumah di hari Lebaran adalah dengan decluttering
Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya Lebaran, Bikin Hunian Makin Estetik!

Dalam acara workshop ini, Kania membagikan 5 tips penting untuk merapikan dan menghias rumah untuk hari raya Lebaran. Tips pertama yang paling penting adalah dengan melakukan kegiatan decluttering.

“Kebetulan kita mau Idulfitri, jadi ini saatnya untuk bersih-bersih. Jadi, gak cuma hati kita yang bersih, tapi rumah kita juga harus bersih dan suci,” ungkapnya sambil tersenyum simpul.

Kegiatan decluttering bisa dilakukan dengan memilah-milah barang sesuai kegunaannya. Kania juga menyarankan untuk melakukan kegiatan beres-beres ini dengan fokus pada satu ruangan terlebih dahulu. Setelah pengelompokan barang ini sudah selesai dilakukan di satu ruangan, baru bisa lanjut ke ruangan lainnya di dalam rumah.

Ada empat kategori barang yang bisa membantu proses ini, yaitu:

  1. Keep: barang yang disimpan sudah diperhitungkan seberapa sering penggunaannya, seberapa genting kebutuhannya, dan seberapa berharganya untuk pemiliknya.
  2. Donate: barang yang didonasikan diutamakan yang masih dalam kondisi prima.
  3. Sell: barang yang dijual sudah gak dibutuhkan dan punya nilai jual, seperti barang elektronik.
  4. Trash : barang yang dibuang sudah dalam kondisi gak bagus dan gak bisa digunakan.

“Step selanjutnya adalah organizing. Barangnya kita rapikan dengan mengelompokkan berdasarkan kategori tersebut. Lalu, taruh di kotak penyimpanan dan kita beri label,” tambah Kania.

3. Langkah selanjutnya adalah memilih area yang akan digunakan untuk silaturahmi virtual. Lalu, atur ulang furnitur di ruangan tersebut
Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya Lebaran, Bikin Hunian Makin Estetik!

Tips selanjutnya adalah menentukan spot favorit keluarga. Untuk tips ini, Kania menyarankan agar kita memilih ruangan yang luas, nyaman, serta memiliki pencahayaan yang cukup. Contohnya, ruang makan atau ruang keluarga.

Berikutnya, kamu bisa mengatur ulang atau re-layout tata letak furnitur di ruangan tersebut. Trik ini juga bisa membantu menciptakan suasana baru di dalam rumah.

“Cara yang paling mudah dan gak mengeluarkan uang adalah re-layout. Jadi, kita mengubah tatanan furnitur kita,” ujar Kania .

Menurutnya, hal ini penting karena juga bisa membantu kita membersihkan area-area yang gak terjamah sebelumnya. Selain itu, dengan penataan yang tepat, ruangan pun akan terasa lebih lapang.

“Bisa mulai dari sofa atau meja karena barang-barang besar itu memberikan dampak besar untuk memberikan suasana baru. Jangan lupa untuk melindungi lantai dengan angkat furnitur dan perhatikan posisi stop kontak,” pungkasnya.

4. Tips berikutnya adalah mewarnai dinding ruangan tersebut untuk menciptakan suasana baru yang gak membosankan
Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya Lebaran, Bikin Hunian Makin Estetik!

Dinding ruangan berperan penting karena bisa menjadi background saat melakukan silaturahmi virtual. Selain itu, menurut Kania, hal itu juga bisa memberikan nuansa ruangan yang lebih segar.

Selain mengecat ulang seluruh dinding di dalam ruangan, ia juga memberi tips untuk mengecat hanya satu bagian saja atau memberikan motif sederhana yang unik.

“Aksen motif sederhana pada dinding, juga bisa membuat ruangan terasa lebih playful. Pilih analogous color atau warna-warna yang berdekatan pada color wheel supaya kombinasinya terasa harmonis dan nyaman dipandang,” sarannya.

5. Terakhir, jangan lupa beri dekorasi yang selaras dengan suasana ruangan yang ingin kamu tampilkan
Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya Lebaran, Bikin Hunian Makin Estetik!

Tips terakhir yang dibagikan oleh Kania adalah menambahkan dekorasi menarik dan sesuai dengan tema yang diusung untuk ruangan tersebut.

Ia mengatakan, “Supaya suasana tetap festive, kita bisa main dekor dengan frame foto atau pakai rak penyimpanan yang kita dekor dan rapikan. Itu juga bisa jadi background.

Untuk dekorasi di meja, Kania juga memberikan saran untuk meletakkan pot bunga segar sebagai hiasan. Selain memberikan nuansa fresh pada ruangan, peletakan tanaman juga bisa membuat rumah jadi lebih harum.

“Kalau kita malas cat, kita main di dekor. Ganti pernak-perniknya, seperti bantal sofa atau gelas. Selain berfungsi untuk pemakaian sehari-hari, juga bisa jadi dekor,” tambahnya.

Itu dia 5 tips menghias rumah untuk silaturahmi online di hari raya Lebaran nanti. Kalau kamu ingin mendekorasi hunianmu, kamu bisa ikuti penawaran menarik pada Dekoruma Official Store di Tokopedia. Ada diskon sampai 75 persen yang berlaku sampai 5 Mei 2021.