Nusa Lembongan Bali Adalah Wisata Alam yang Wajib Dijelajahi

Nusa Lembongan Bali Adalah Wisata Alam yang Wajib Dijelajahi

Nusa Lembongan Bali Adalah Wisata Alam yang Wajib Dijelajahi – Pulau Lembongan atau dalam bahasa Bali disebut Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil yang berdekatan dengan Nusa Ceningan dan 2 km di sebelah barat laut Nusa Penida terletak di Selat Badung sebelah tenggara  Pulau Bali. Pulau yang memiliki panjang 4,6 km dan lebar 1-1,5 km ini berada kira-kira 11 km di sebelah tenggara Bali.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah  Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Indonesia. Mata pencaharian utama masyarakat Nusa Lembongan adalah sebagai petani rumput laut. Sebagian lagi bekerja di sektor pariwisata dan sektor penunjang pariwisata. Nusa Lembongan terbagi menjadi dua desa yakni Desa Lembongan dan Desa Jungubatu.

Desa Lembongan membawahi 6 dusun dan 12 banjar adat, yang wilayahnya berada di dua pulau yakni sebagian besar Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau kecil di tenggara pulau Bali ini mungkin terdengar asing bagi sebagian kalangan. Padahal jika ditelisik, potensi Download Aplikasi IDNPlay wisata di Nusa Lembongan gak kalah kece dengan pulau Bali, lho.

1. Nusa Lembongan gampang banget dicapai dari Pulau Bali
5 Alasan Kamu Wajib Jelajah Nusa Lembongan Bali, Surga Wisata Bahari!

Untuk menyeberang ke Nusa Lembongan dari pulau Bali, ada 2 pelabuhan yang biasa digunakan para wisatawan, yaitu Padang Bai dan Sanur. Namun, Pelabuhan Sanur umumnya lebih ramai pengunjung karena letaknya yang berdekatan dengan beberapa obyek wisata favorit pulau Bali.

Dari Pelabuhan Sanur, jarak tempuh menuju Nusa Lembongan hanya memakan waktu sekitar 30-40 menit. Pilihan jam keberangkatannya pun beragam karena tersedia beberapa layanan kapal penyeberangan. Biar praktis, kamu sebaiknya sekalian reservasi tiket return dari Nusa Lembongan menuju pulau Bali.

2. Biaya menyeberang ke Nusa Lembongan cukup affordable
5 Alasan Kamu Wajib Jelajah Nusa Lembongan Bali, Surga Wisata Bahari!

Soal biaya, kamu gak perlu khawatir karena terdapat beberapa opsi kapal dan perahu yang tarifnya bisa disesuaikan dengan budget jalan-jalanmu. Mulai dari kapal pesiar mewah, fast cruise, fast boat, hingga perahu kayu tradisional atau public boat, semua ada.

Tapi, jika kamu mencari layanan penyeberangan dengan tarif ramah kantong dengan pilihan jadwal keberangkatan yang banyak, maka pilihlah fast boat. Di Pelabuhan Sanur, kapal jenis ini sangat mudah ditemukan dan tersedia setiap hari. Tarif sekali menyeberang hanya sekitar Rp75 ribu saja.

3. Di Nusa Lembongan sudah tersedia beragam fasilitas hotel dan penyewaan motor
5 Alasan Kamu Wajib Jelajah Nusa Lembongan Bali, Surga Wisata Bahari!

Cara terbaik untuk menikmati Nusa Lembongan sampai puas adalah menyempatkan menginap di pulau ini selama minimal satu malam. Hotel-hotel yang ada di Nusa Lembongan terbilang banyak dengan fasilitas cukup baik. Bahkan, gak sedikit hotel di sini yang juga menawarkan penyewaan motor.

Salah satu rekomendasi hotel tersebut adalah Pattri Garden Lembongan yang jaraknya hanya 2 menit dari bibir pantai Mushroom, pantai di mana fast boat yang kamu naiki dari pulau Bali mendarat. Paket menginap di Pattri Garden Lembongan sudah termasuk rental motor. Jadi, kamu gak perlu ribet cari penyewaan motor, deh.

4. Wisata pantai di Nusa Lembongan bakal bikin kamu speechless!
5 Alasan Kamu Wajib Jelajah Nusa Lembongan Bali, Surga Wisata Bahari!

Nah, ini dia yang bikin Nusa Lembongan layak banget kamu sambangi sebagai tujuan wisata bahari, yaitu karena destinasi wisata pantainya yang luar bisa menakjubkan!

Kamu bakal dimanjakan dengan view laut lepas yang auto bikin speechless, seperti Dream Beach, Devil’s Tears, Sandy Bay, Sunset Point, Pantai Jungutbatu, dan Pantai Mahagiri. Semua bisa kamu eksplorasi dalam sehari karena letaknya saling berdekatan satu sama lain.

Di hari berikutnya, jangan lewatkan untuk menyeberang ke pulau tetangga, yaitu Nusa Ceningan melalui Jembatan Kuning atau Yellow Bridge. Nusa Ceningan ini menjadi pulau yang wajib dikunjungi jika kamu ke Nusa Lembongan karena aksesnya yang sangat mudah dijangkau.

Khusus di Nusa Ceningan, kamu bisa mampir ke Blue Lagoon dan nongkrong sejenak di Klyf Beach Club yang lanskap lautnya pasti bikin kamu mager buat pulang. Hmm, penasaran, kan?

5. Pesona underwater Nusa Lembongan adalah surga buat yang suka diving
5 Alasan Kamu Wajib Jelajah Nusa Lembongan Bali, Surga Wisata Bahari!

Garis pantai Nusa Lembongan menjadi habitat yang nyaman bagi beragam jenis biota laut. Aneka flora dan fauna memukau nan cantik bisa dengan mudah kamu temukan ketika kamu menyelami bawah lautnya. Sebutlah pari manta, ikan mola-mola, dan ikan barracuda yang menjadi idola para penyelam.

Buat kamu yang masih newbie, Nusa Lembongan juga menyediakan beberapa dive center untuk kursus menyelam, lho. Kamu bakal dikenalkan tentang teori dasar menyelam, teknik diving, cara bernapas di air, dan sebagainya. Biaya kursus tersebut bervariasi tergantung pada paket kursus yang kamu pilih.

Keenam dusun yang menyokong Desa Lembongan yaitu; Dusun Kawan, Kaja, Kelod, Kangin, Ceningan Kawan dan Ceningan Kangin (dua dusun terakhir terletak di Nusa Ceningan). Desa Lembongan banyak mempunyai tempat-tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan seperti pantai berpasir putih yang sangat menarik, goa alam dan buatan yang unik, tebing laut yang menantang, rawa-rawa yang penuh misteri yang menarik minat pengunjung untuk datang dan banyak lagi yang menarik di Desa Lembongan.