Inilah Profesi Ibu Rumah Tangga yang Bisa Kerja Dari Rumah

Inilah Profesi Ibu Rumah Tangga yang Bisa Kerja Dari Rumah

Inilah Profesi Ibu Rumah Tangga yang Bisa Kerja Dari Rumah – Ibu rumah tangga adalah seorang wanita yang bekerja menjalankan atau mengelola rumah keluarganya, bertanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya,  memasak dan menghidangkan makanan, membeli barang-barang kebutuhan keluarga sehari-hari, membersihkan dan memelihara rumah, menyiapkan dan menjahit pakaian untuk keluarga, dan lain sebagainya.

Ibu rumah tangga umumnya tidak bekerja di luar rumah. Merriam Webster Dictionary  mendefinisikan ibu rumah sebagai seorang wanita menikah yang bertanggung jawab atas rumah tangganya. Istilah ibu rumah tangga berkebalikan dengan  wanita karier. Banyak yang beranggapan menjadi ibu rumah tangga hanyalah berkutat pada urusan mengurus rumah serta mengasuh anak.

Namun, pada kenyataannya di era yang sudah modern ini, bukan gak mungkin seorang ibu rumah tangga bisa tetap produktif dan menghasilkan uang meski di rumah saja. Bagi kamu ibu rumah tangga yang ingin Download Aplikasi IDNPlay menambah penghasilan sekaligus tetap produktif meski di rumah saja, ada baiknya untuk menengok beberapa profesi berikut ini.

1. Content creator
5 Profesi bagi Ibu Rumah Tangga agar Produktif meski di Rumah Saja

Kalau kamu tahu cara menggunakan kamera, sosial media dan punya skill editing disertai beberapa ide-ide kreatif, profesi content creator bisa kamu coba, lho. Ada banyak platform yang bisa mewadahi kreativitas kamu ini mulai dari YouTubeInstagram hingga TikTok sekalipun.

Selagi kamu kemas dengan baik dan disiplin, membuat konten bukan gak mungkin, lho bagi kamu meraup keuntungan hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Gak harus fotogenik, konten unboxing hasil belanja online saja peminatnya banyak sekali, lho.

Apalagi konten berbagi resep masakan. Konten-konten sederhana seperti itulah yang setidaknya bisa kamu coba dan kamu gali lagi agar bisa dikembangkan sesuai dengan ciri khas kamu.

2. Blogger
5 Profesi bagi Ibu Rumah Tangga agar Produktif meski di Rumah Saja

Apapun yang kamu sukai mulai dari film, traveling, fashion, hingga make up bisa kamu tuangkan ke dalam tulisan di blog. Semakin bagus konten yang kamu hasilkan gak menutup kemungkinan juga akan ada banyak sekali tawaran dari berbagai pihak untuk mengajak kerja sama.

Kamu juga bisa ikut kompetisi blog yang berhadiah hingga jutaan rupiah juga, lho. Tentu kesempatan seperti ini gak bisa kamu lewatkan begitu saja, kan?

Sebelum memulai menjadi seorang blogger, coba pikirkan terlebih dahulu kira-kira tema apa yang akan kamu angkat ke dalam blog? Pastikan untuk konsiten dalam menulis, ya.

3. Content Writer
5 Profesi bagi Ibu Rumah Tangga agar Produktif meski di Rumah Saja

Dewasa ini banyak platform yang membuka kesempatan bagi siapa saja yang hobi menulis untuk menuangkan ide-idenya menjadi karya tulis salah satunya IDN Times. Bagi kamu ibu rumah tangga yang ingin tetap produktif dan berpenghasilan bisa banget, nih untuk menjadi seorang content writer.

Profesi ini juga gak mengikat kamu atau mewajibkan kamu harus bekerja layaknya orang di kantor. Kamu bebas menulis dan mengirimkan tulisanmu kapanpun. Jadi, gak perlu khawatir jam kerja kamu berbenturan dengan aktivitas domestik seperti mengurus anak atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya.

4. Dropshipper
5 Profesi bagi Ibu Rumah Tangga agar Produktif meski di Rumah Saja

Mungkin profesi yang satu ini masih belum banyak diketahui banyak orang. Namun, menjadi dropshipper bisa kamu lakukan di rumah, lho. Kamu hanya cukup mempunyai pulsa internet, smartphone, situs e-commerce dan sosial media sebagai tempat promosi.

Berbeda dengan sistem reseller di mana kamu harus menjual lagi barang tersebut dengan syarat kamu harus membeli terlebih dahulu barang yang kamu jual.

Sementara itu, dropshipper gak mengharuskan kamu membeli barang tersebut kamu cukup mencari vendor yang bersedia untuk jadi agen dropship kamu, posting barang yang kamu jual di sosial media.

Apabila sudah mendapatkan pembeli kamu tinggal order ke agen sebagai dropshipper. Barang akan langsung dikirim ke alamat pembeli. Mudah sekali, kan?

5. Bisnis Online
5 Profesi bagi Ibu Rumah Tangga agar Produktif meski di Rumah Saja

Bisnis online ada banyak sekali macamnya, lho. Gak harus berjualan barang fashion yang sedang marak bisa juga berjualan barang keperluan sehari-hari. Sekarang ini apapun bisa dijual secara online.

Untuk itu, meski sibuk sebagai ibu rumah tangga gak ada salahnya buat kamu mulai bisnis online juga. Bisnis hampers atau jualan makanan kini juga tengah hits, lho.

Jadi, pilihlah bisnis online yang gak hanya sekadar membuatmu produktif, menambah penghasilan juga gak mengganggu kegiatanmu sebagai ibu rumah tangga dalam keseharian.

Ibu rumah tangga adalah profesi yang mulia namun kerap dipandang sebelah mata. Padahal, menjadi ibu rumah tangga butuh kesabaran dan perjuangan yang luar biasa. Menjadi ibu rumah tangga merupakan sebenar-benarnya profesi penuh waktu.

Menurut riset, tugas ibu rumah tangga memerlukan waktu setidaknya 98 jam kerja seminggu. Ini 2,5 kali lipat lebih besar dari profesi lainnya. Temuan tersebut didapatkan dari hasil survei terhadap 2000 ibu rumah tangga di Amerika yang memiliki anak-anak berusia 5 sampai 12 tahun. Survei tersebut juga menunjukan bahwa biasanya para ibu rumah tangga bekerja mulai pukul 06.23 pagi hingga pukul 8.31 malam setiap harinya.