Inilah Lima Negara yang Mengkonsumsi Narkoba Terbesar

Inilah Lima Negara yang Mengkonsumsi Narkoba Terbesar

Inilah Lima Negara yang Mengkonsumsi Narkoba Terbesar – Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Mengonsumsi narkoba merupakan salah satu perbuatan yang dilarang dan sangat berbahaya.

Semua istilah ini, baik “narkoba” ataupun “napza”, mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Obat terlarang itu tidak hanya berpengaruh pada psikis, tapi juga dapat membahayakan kesehatan tubuh secara umum. Narkoba bahkan bisa menyebabkan kematian. Beberapa penyakit yang dapat diakibatkan olehnya ialah gangguan fungsi otak, halusinasi, dan beberapa penyakit lainnya.

Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.  Sejauh ini, Dikutip dari poker88 asia live chat terdapat beberapa negara yang mengalami permasalahan yang sangat serius terkait narkoba. Kira-kira negara mana saja, ya? Yuk, simak penjelasannya.

1. Iran
5 Negara yang Mengalami Permasalahan Serius terkait Narkoba 

Tak banyak yang tahu bahwa Iran merupakan negara dengan pengguna opioid terbesar di dunia. Angka pengguna yang berasal dari negara tersebut mencapai 3,1 juta orang, dilansir United Nations Office on Drugs and Crime(UNODC). Jenis narkoba lain yang juga laris di Iran adalah opium dan crystal meth.

Kebanyakan narkoba yang datang ke Iran berasal dari Afghanistan. Pemerintah Iran sendiri sudah berupaya keras untuk menekan jumlah penggunaan narkoba, termasuk memberikan hukuman mati bagi para kriminal yang terkait obat terlarang itu.

2. Amerika Serikat
5 Negara yang Mengalami Permasalahan Serius terkait Narkoba 

Bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang sedang berjuang untuk memberantas narkoba di negaranya. Amerikat Serikat merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak yang menggunakan Amphetamine type stimulants (ATS), menurut data United Nations Office on Drugs and Crime(UNODC).

Amerika Serikat juga menjadi negara ketiga tertinggi dengan penduduk yang menggunakan kokain setelah Guatemala dan Kolombia, yaitu sebanyak 1,12 juta orang. Mereka sebenarnya sudah memperketat area perbatasan negaranya dengan Meksiko untuk meminimalkan perdagangan narkoba.

3. Afghanistan
5 Negara yang Mengalami Permasalahan Serius terkait Narkoba 

Afghanistan merupakan negara yang dikenal memiliki konflik domestik melawan Taliban. Selain harus melawan berbagai serangan teroris, negara ini juga harus menumpas narkoba. Opioid merupakan salah satu jenis narkoba yang sangat populer di Afghanistan dan bahkan terdapat perkebunan opioid yang luas di negara tersebut.

Setidaknya, sudah ada hampir 300 ribu penduduk Aghanistan yang mengonsumsi opioid. Bahkan ada dugaan jika 90 persen heroin yang masuk Eropa berasal dari negara Afghanistan. Terlebih lagi, banyak masyarakat negara itu yang kecanduan heroin, baik orang dewasa maupun anak-anak.

4. Rusia
5 Negara yang Mengalami Permasalahan Serius terkait Narkoba 

Rusia juga termasuk negara yang memiliki permasalahan penggunaan narkoba oleh para pemudanya. Setidaknya, sudah ada 1 juta pengguna heroin walaupun para ahli memperkirakan jumlah sebenarnya ialah sekitar 2 juta orang. Memang, penggunaan narkoba di Rusia cukup meningkat tajam semenjak pecahnya Uni Soviet pada tahun 1990-an.

Sayangnya lagi, peningkatan penggunaan narkoba di Rusia diikuti oleh peningkatan HIV/AIDS. Hal tersebut tak lepas dari penggunaan alat pengisap narkoba yang kerap dipakai bersama, dilansir Michael’s House. Meskipun begitu, banyak pengamat yang menganggap bahwa strategi untuk menurunkan angka pengguna narkoba di Rusia cukup kontroversial.

5. Inggris
5 Negara yang Mengalami Permasalahan Serius terkait Narkoba 

Lebih dari 15 juta orang di Inggris dilaporkan pernah mencoba obat-obatan terlarang. Ganja merupakan salah satu jenis narkoba yang paling sering digunakan oleh masyarakat setempat. Ada juga kokain dan amphetamines yang tak kalah populer.

Inggris juga dikabarkan menjadi negara dengan pengguna kokain dan heroin terbesar di Eropa. Meskipun begitu, dilansir Michael’s House, memang banyak masyarakat yang menganggap bahwa penggunaan obat terlarang itu merupakan hal yang dapat diterima. Di sisi lain, pemerintah setempat telah melakukan berbagai upaya agar dapat meminimalkan penggunaan obat-obat terlarang itu.

Itu dia lima negara yang memiliki masalah serius dengan narkoba dan saat ini hal tersebut sedang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah setempat. Penggunaan narkoba bukan merupakan sebuah solusi saat kamu sedang dalam kondisi tidak baik. Jadi, jangan pernah sekali pun mencobanya, ya!