Inilah Lima Jenis Rusa dengan Ukuran Tubuh Paling Kecil

Inilah Lima Jenis Rusa dengan Ukuran Tubuh Paling Kecil

Inilah Lima Jenis Rusa dengan Ukuran Tubuh Paling Kecil – Rusa, sambar, atau menjangan adalah hewan mamalia pemamah biak (ruminan) yang termasuk famili Cervidae. Rusa merupakan hewan mamalia yang dikenal dengan penyebaran populasi yang sangat luas yang menempati berbagai macam daerah seperti hutan lebat, padang rumput hingga pegunungan.

Salah satu ciri khas rusa adalah adanya antler (tanduk rusa), dan bukan tanduk, yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun. Hewan yang dikenal dengan nama ilmiah cervidae ini memiliki ukuran tubuh yang beranekaragam mulai dari bobot ratusan kilogram hingga yang terkecil hanya memiliki berat tubuh 7 kilogram.

Nah, dari sekian banyaknya spesies rusa yang tersebar di beberapa wilayah di dunia. Inilah lima spesies rusa yang memiliki ukuran tubuh terkecil dilansir dari laman download aplikasi poker apk dan Worldatlas, sebagai berikut

1. Water deer
5 Spesies Rusa dengan Ukuran Tubuh Paling Kecil

Rusa air adalah rusa kecil yang secara dangkal lebih mirip dengan rusa kesturi daripada rusa sejati. Berasal dari Cina dan Korea, ada dua subspesies: rusa air Cina dan rusa air Korea. Namun, hewan mamalia ini mempunyai ciri khas tersediri dengan terdapatnya gigi taring berukuran panjang yang menonjol ke arah bawah.

Oleh karena penampilannya itulah water deer sering juga dijuluki dengan nama vampire deer. Pada tahun 1800-an rusa ini pernah di bawa ke wilayah Woburn Abbey yang membuat sedikit populasi mereka juga tersebar di Inggris.

2. Indian muntjac
5 Spesies Rusa dengan Ukuran Tubuh Paling Kecil

Kijang muncak atau kijang biasa (Muntiacus muntjak) adalah kijang yang tersebar di India, Pakistan, Bangladesh, Myanmar, Indocina, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Jenis kijang ini umum dan banyak ditemukan. Dari segi penampilan, mereka mempunyai tanduk dan taring berukuran kecil yang sering digunakan ketika mereka sedang berkelahi.

Indian muntjac dapat ditemukan di wilayah Asia bagian Selatan yang sering mendiami daerah hutan lebat. Spesies rusa ini dikenal juga memiliki suara yang sangat keras saat berkomunikasi dengan sesamanya.

3. Truong son muntjac
5 Spesies Rusa dengan Ukuran Tubuh Paling Kecil

Truong Son muntjac atau Annamite muntjac adalah spesies rusa muntjac. Ini adalah salah satu spesies muntjac terkecil, sekitar 15 kg, setengah dari ukuran muntjac India. Ditemukan di pegunungan Truong Son di Vietnam pada tahun 1997. Hal ini dikarenakan, truong son muntjac sering diburu dan dijerat oleh manusia untuk diperdagangkan. Mereka pertama kali didokumentasikan oleh para peneliti pada tahun 1997.

4. Pygmy brocket deer
5 Spesies Rusa dengan Ukuran Tubuh Paling Kecil

Brogket kerdil adalah spesies rusa brokat dari Amerika Selatan. Itu ditemukan di Argentina, Brazil selatan dan Paraguay. Ini adalah rusa kecil dengan kaki pendek, beratnya 15 sampai 20 kilogram. Para peneliti mengungkapkan bahwa pygmy brocket deer kemungkinan memiliki 23 sub-spesies namun saat ini baru 4 sub-spesies yang telah diidentifikasi. Sebagian dari populasi mereka juga sering terlihat di beberapa Taman Nasional dan Cagar Alam.

5. Pudu
5 Spesies Rusa dengan Ukuran Tubuh Paling Kecil

Kudus adalah dua spesies rusa Amerika Selatan dari genus Pudu, dan merupakan rusa terkecil di dunia. Namanya adalah kata pinjaman dari Mapudungun, bahasa penduduk asli Mapuche di Chili tengah dan Argentina barat daya. Warna bulu dari pudu bervariasi tergantung jenis kelamin, genetik dan pergantian musim. Selama musim dingin bulu mereka akan berubah menjadi coklat tua dan abu-abu. Spesies rusa ini berhabitat di benua Amerika Selatan dari wilayah Argentina hingga Chili.

Nah, itulah beberapa spesies rusa dengan ukuran tubuh terkecil di dunia. Kebanyakan dari mereka memang banyak hidup di daerah terpencil yang jauh dari pemukiman manusia.