Inilah Fakta Keunggulan dari Macan Tutul Pegunungan Salju

Inilah Fakta Keunggulan dari Macan Tutul Pegunungan Salju

Inilah Fakta Keunggulan dari Macan Tutul Pegunungan Salju – Macan tutul salju (Panthera uncia syn. Uncia uncia) adalah sejenis kucing berukuran besar, dengan panjang tubuh mencapai 130 cm, dan panjang ekor sekitar 100 cm. Macan tutul salju (Panthera uncia) merupakan salah satu keluarga kucing besar sejati. Mereka tersebar di sekitar Asia, tepatnya di Pegunungan Himalaya, selatan Pegunungan Siberia, Dataran Tinggi Tibet, hingga beberapa pegunungan di China dan negara Asia Tengah lainnya.

Spesies ini mempunyai bulu tebal berwarna putih keabu-abuan dengan bintik-bintik berwarna hitam kecoklatan. Ukuran mereka cenderung lebih kecil dari kucing besar lain dengan bobot berkisar 25-55 kilogram dan panjang tubuh sekitar 155-255 sentimeter dari ujung kepala hingga ekor.

Macan tutul salju tidak dapat mengaum atau mendengkur, dan merupakan satu-satunya spesies di dalam marga tunggal Uncia sejak awal 1930-an. Warna bulu mereka biasanya terdiri atas warna abu-abu hingga krem dengan adanya bintik-bintik hitam di beberapa bagian tubuhnya. Dilansir dari idn poker mobile Tentunya sebagai predator spesialis pegunungan, macan tutul salju menyimpan banyak fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran bukan? Keep scrolling, ya!

1. Tubuhnya didesain sempurna untuk bertahan di suhu dingin
5 Fakta Menarik Macan Tutul Salju, Predator Mematikan dari Pegunungan

Tinggal di habitat yang sangat dingin mengharuskan macan tutul salju untuk beradaptasi dengan baik. Untungnya, adaptasi mereka bisa dibilang sempurna. Bulu dari kucing ini jauh lebih tebal dan padat ketimbang saudaranya yang lain.

Jika itu masih belum cukup, rahasia adaptasi lain dari macan tutul salju di suhu dingin ada di organ pernapasannya. Lubang hidung mereka lebih besar dengan rongga hidung yang pendek. Hal ini dapat membuat mereka untuk mengambil banyak oksigen dan memanaskan udara yang masuk sebelum mencapai paru-paru.

2. Predator puncak di pegunungan dengan jenis mangsa yang sangat bervariasi
5 Fakta Menarik Macan Tutul Salju, Predator Mematikan dari Pegunungan

Meskipun ukurannya tidak sebesar singa atau harimau, ternyata variasi mangsa dari macan tutul salju tidak kalah banyak, lho. Mereka biasanya berburu hewan yang berukuran kecil, namun juga bisa menjatuhkan mangsa yang ukurannya tiga kali lipat lebih besar dari tubuhnya.

Salah satu spesimen di India pernah diteliti untuk mengetahui variasi mangsa dari macan tutul salju. Hasilnya, dalam kurun waktu setahun spesimen tersebut berhasil untuk memburu 5 bharal, 9 kelinci tibet, 25 marmut, 5 kambing ternak dan 1 domba ternak, serta 15 burung.

3. Kemampuan lompatan macan tutul salju jadi salah satu yang terbaik di dunia hewan
5 Fakta Menarik Macan Tutul Salju, Predator Mematikan dari Pegunungan

Habitat macan tutul salju yang sangat ekstrem membuat mereka mengembangkan kemampuan tambahan lain untuk menopang kehidupannya di atas pegunungan. Kemampuan tersebut adalah lompatan yang membuat mereka dapat berakrobat di udara maupun berpindah dari satu tebing ke tebing yang lain.

Rahasia di balik kemampuan lompatan super dari macan tutul salju terletak pada otot kakinya yang sangat kuat. Selain itu, ekor mereka juga berperan sebagai penyeimbang tubuh ketika berada di udara agar dapat mendarat tanpa risiko apa pun.

4. Salah satu keluarga kucing besar yang tidak bisa mengaum
5 Fakta Menarik Macan Tutul Salju, Predator Mematikan dari Pegunungan

Biasanya, kucing besar memiliki semacam ligamen khusus di pita suaranya yang dapat meregang dan melentur. Ligamen tersebutlah yang membuat spesies kucing besar dapat menghasilkan suara auman. Akan tetapi, ternyata hal tersebut tidak berlaku untuk macan tutul salju.

Meskipun begitu, macan tutul salju tetap bisa menghasilkan suara yang serupa dengan spesies kucing lainnya. Misalnya, mereka dapat membuat suara desis, geraman, hissing atau bahkan mengeong seperti kucing rumahan, hanya saja dalam volume yang lebih keras.

5. Meskipun dinamakan “macan tutul salju”, mereka ternyata lebih berkerabat dengan harimau
5 Fakta Menarik Macan Tutul Salju, Predator Mematikan dari Pegunungan

Uniknya, meskipun menyandang nama “macan tutul”, ternyata mereka bukan subspesies dari macan tutul sungguhan, lho. Spesies ini justru lebih tepat disebut sebagai kerabat dari keluarga harimau.

Dilansir Wanderlust, susunan genetik dari macan tutul salju lebih mirip dengan harimau yang telah berevolusi secara terpisah dengan genus panthera lainnya sejak 2 juta tahun yang lalu. Harimau sendiri tidak memiliki kesamaan ciri genetik jika dibandingkan dengan singa, macan tutul, maupun jaguar yang sama-sama masuk ke dalam genus panthera, sehingga macan tutul salju juga punya susunan genetik yang berbeda.

Oleh sebab itu, sebenarnya antara macan tutul salju dengan macan tutul sejati justru dapat dikatakan sebagai dua jenis kucing besar yang berbeda. Mereka hanya mirip pada kesamaan ciri fisik, terutama pada totol di bulunya, sehingga mendapatkan nama “macan tutul”.