Gunung di Indonesia yang Letusannya Mengubah Iklim di Dunia

Gunung di Indonesia yang Letusannya Mengubah Iklim di Dunia

Gunung di Indonesia yang Letusannya Mengubah Iklim di Dunia – Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Indonesia terletak di area ring of fire atau disebut juga sabuk gempa Pasifik. Karena memiliki 147 gunung berapi yang 76 di antaranya masih aktif, tak heran kalau negara kita kerap mengalami bencana gempa dan gunung meletus.

Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Sejarah mencatat beberapa letusan gunung terburuk di tanah nusantara. Saking parahnya, bahkan ada yang berdampak ke benua lain dan mengubah iklim dunia hingga satu dekade.

Berikut Dilansir dari Daftar Poker777 ini gunung-gunung di Indonesia yang erupsinya berdampak ke seluruh dunia dan satu supervulkan milik AS yang diprediksi bakal meluluhlantakkan kehidupan di bumi jika sampai meletus.

1. Gunung Tambora
4 Gunung di Indonesia yang Letusannya Berdampak ke Seluruh Dunia 

Gunung Tambora (atau Tomboro) adalah sebuah gunung berapi kerucut aktif yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Dompu yang mencakup lereng bagian barat dan selatan serta Kabupaten Bima yang mencakup lereng bagian timur dan utara.

Erupsi Gunung Tambora tak hanya menewaskan manusia di tanah Nusantara. Bencana ini juga menyebabkan kelaparan, musim dingin sepanjang tahun, dan epidemi di belahan bumi utara.

2. Gunung Krakatau
4 Gunung di Indonesia yang Letusannya Berdampak ke Seluruh Dunia 

Krakatau (atau Rakata) adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini juga disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusan kataklismik pada tanggal 26-27 Agustus 1883.

Letusannya melempar abu dan bebatuan ke atmosfer hingga nyaris seluruh dunia bisa menyaksikan pemandangan langit gelap kemerahan di siang hari. Dentumannya pun terdengar sampai puluhan negara.

Tak hanya itu, erupsi Krakatau juga menyebabkan turunnya suhu global. Perubahan cuaca yang tak normal terjadi hingga bertahun-tahun setelah erupsi.

3. Gunung Samalas
4 Gunung di Indonesia yang Letusannya Berdampak ke Seluruh Dunia 

Gunung Samalas (juga dikenal sebagai Rinjani Tua) kini menjadi bagian dari kompleks gunung berapi Rinjani di Lombok, Indonesia. Sisa gunung berapi ini membentuk kaldera Segara Anak, dengan Gunung Rinjani di ujung timurnya. Akibatnya adalah penurunan suhu bumi yang berdampak besar bagi umat manusia.

Akibat erupsi Samalas, wabah penyakit dan gagal panen melanda sampai ke Eropa. Setidaknya 15.000 hingga 20.000 jiwa melayang akibat wabah penyakit pascaerupsi. Beberapa ahli menduga erupsi Samalas juga memicu Zaman Es Kecil.

4. Gunung Toba
4 Gunung di Indonesia yang Letusannya Berdampak ke Seluruh Dunia 

Gunung Toba adalah gunung berapi raksasa yaitu gunung aktif dalam kategori sangat besar, terletak di provinsi Sumatra Utara dan diperkirakan meletus terakhir sekitar 74.000 tahun lalu. Gunung Toba meletus terakhir kalinya sekitar 74.000 tahun lalu. Erupsi tersebut menyebabkan terbentuknya kaldera seluas puluhan kilometer.

Erupsi Gunung Toba memicu musim dingin vulkanik yang dampaknya dirasakan dunia. Bencana ini juga menyebabkan penyusutan populasi di Afrika, Timur Tengah, dan India serta perubahan susunan genetik manusia pada masa itu. Saat ini, kecil kemungkinannya Gunung Toba meletus lagi. Tapi masih ada supervulkan lain yang perlu diwaspadai.

5. Masih ada Yellowstone yang erupsinya diprediksi bisa menghancurkan bumi
4 Gunung di Indonesia yang Letusannya Berdampak ke Seluruh Dunia 

Letusan Gunung Toba tak perlu dikhawatirkan lagi. Tapi, masih ada supervulkan Yellowstone yang erupsinya tak kalah dahsyat. Letusan terakhirnya terjadi sekitar 640.000 tahun yang lalu.

Jika gunung ini sampai meletus lagi, diperkirakan bakal ada bencana kelaparan dan musim dingin vulkanik yang melanda dunia. Sekitar 5 milar jiwa bakal melayang. Namun, banyak juga ilmuwan yang ragu kalau Yellowstone bakal meletus lagi.

Letusan gunung berapi yang terjadi secara alami memang tidak bisa dihindari. Meski menimbulkan dampak yang parah, namun letusan ini bisa memberikan manfaat untuk kehidupan selanjutnya.