Danau Menawan Sekitar Gunung Semeru yang Buat Kangen Piknik

Danau Menawan Sekitar Gunung Semeru yang Buat Kangen Piknik

Danau Menawan Sekitar Gunung Semeru yang Buat Kangen Piknik – Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut.

Gunung Semeru merupakan salah satu destinasi favorit para pendaki. Selain dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru juga dikenal memiliki panorama alam yang begitu menawan.

Di sekitar Gunung Semeru, kamu bisa menjumpai beberapa danau atau ranu yang punya Daftar Club388 pemandangan ciamik. Jika berniat mendaki gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut ini, jangan lupa mampir ke danau-danau berikut ya.

1. Ranu Pani

4 Danau Menawan di Sekitar Gunung Semeru yang Bikin Pengin Piknik

Ranu Pani atau Ranu Pane berlokasi di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani sendiri merupakan salah satu desa tertinggi di Indonesia.

Ranu Pani merupakan gerbang masuk pendakian Gunung Semeru. Di sinilah kamu bisa mendaftar sebelum melakukan aktivitas pendakian.

Danau cantik ini merupakan danau vulkanik dengan luas sekitar satu hektare. Kamu bisa bermalam di sini sebelum melakukan pendakian. Ada vila dan pondok penginapan yang bisa kamu pilih, bisa juga mendirikan tenda di sekitar danau.

2. Ranu Regulo
4 Danau Menawan di Sekitar Gunung Semeru yang Bikin Pengin Piknik

Selain Ranu Pani, Ranu Regulo juga merupakan salah satu danau ikonik di Gunung Semeru. Secara administratif, danau ini masih terletak di Kecamatan Senduro dengan ketinggian mencapai 2.100 mdpl. Letaknya tak begitu jauh dari Ranu Pani.

Luasnya hampir mirip Ranu Pani, yakni sekitar 0,75 hektare. Danau yang menawan ini bisa juga kamu jadikan alternatif tempat berkemah sebelum atau setelah pendakian dari Gunung Semeru.

3. Ranu Darungan
4 Danau Menawan di Sekitar Gunung Semeru yang Bikin Pengin Piknik

Ranu Darungan merupakan danau tersembunyi yang berada di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Konon, danau menawan ini merupakan tempat bersejarah yang dulu pernah digunakan sebagai tempat konservasi sejak zaman kolonial.

Danau ini berada di ketinggian 830 mdpl dengan luas sekitar 0,25 hektare. Salah satu keunikannya adalah adanya pohon rekisi yang mengelilingi danau.

4. Ranu Kumbolo
4 Danau Menawan di Sekitar Gunung Semeru yang Bikin Pengin Piknik

Siapa yang gak kenal Ranu Kumbolo? Danau cantik yang berada di ketinggian 2.389 mdpl ini merupakan ikon Gunung Semeru.

Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru, tepatnya setelah pos keempat. Luasnya mencapai 15 hektare.

Sebelum melanjutkan pendakian, para pendaki biasanya akan singgah dan bermalam di danau yang sangat menawan ini. Selain bersantai-santai, kamu bisa menyaksikan kemegahan matahari terbit yang muncul dari balik bukit.