Berikut Ini Tips Aman Menyewa Kendaraan saat Traveling

Berikut Ini Tips Aman Menyewa Kendaraan saat Traveling

Berikut Ini Tips Aman Menyewa Kendaraan saat TravelingPerjalanan adalah pergerakan orang antar lokasi geografi yang jauh. Perjalanan dapat dilakukan dengan kaki, sepeda, mobil, kereta, perahu, bus, pesawat, kapal atau alat lainnya, dengan atau tanpa bagasi.

Momen libur panjang seperti ini pasti kamu sudah mempersiapkan rencana traveling ke luar kota maupun luar negeri.

Saat bepergian ke tempat yang jauh, kamu pasti akan memanfaatkan jasa sewa mobil bukan? Apalagi berlibur ke luar negeri, di sana  kamu akan dituntut mandiri seperti urusan memilih transportasi.

Jadi sewa mobil adalah pilihan yang pas bila mau liburan bersama keluarga tercinta.

Namun tentunya kamu harus memperhatikan beberapa aspek agar aktivitas sewa mobil yang kamu lakukan berjalan sesuai dengan rencana.

Untuk itu, berikut Daftar Live22 berikan beberapa tips aman dalam menyewa kendaraan saat traveling:

1. Pilih kendaraan sesuai kebutuhan
1. Pilih kendaraan sesuai kebutuhan

Sebagai langkah awal, kamu bisa membuat anggaran untuk menyewa kendaraan di tempat tujuan.

Tapi sebelumnya kamu harus tentukan mobilnya yang berdasarkan jenis mobil, kapasitas penumpang, medan yang akan dilalui dan lain sebagainya.

Sebaiknya jangan malas mencari referensi harga sewa untuk kriteria mobil seperti yang kamu butuhkan. Hal ini wajib ditanyakan agar jelas keterangannya dan supaya tidak terjadi misscommunication atau salah jenis mobil yang berakhir kekecewaan.

2. Pesan sebelum berangkat
2. Pesan sebelum berangkat

Sebaiknya sebelum kamu berangkat ke tempat tujuan, kamu sudah memesan kendaraan terlebih dahulu. Hal ini harus kamu lakukan untuk menghindari mendapat kendaraan sisa yang dalam kondisi kurang baik.

Oleh karena itu, pesanlah setidaknya H-1 terlebih dahulu agar kamu bisa memilih kendaraan yang bagus luar dalam. Jika kamu sempat untuk melakukan pemesanan lebih awal, maka itu lebih baik.

Ada satu lagi yang perlu kamu ketahui, yaitu hindari menyewa mobil di bandara ya. Pasalnya perusahaan penyewa mobil memberlakukan biaya ekstra di bandara yang cukup tinggi.

Agar kamu bisa lebih menghemat biaya, kamu bisa mencari rental mobil di luar bandara yang bisa menawarkan harga lebih murah dan sudah kamu pesan sebelumnya.

3. Mengecek kondisinya
3. Mengecek kondisinya

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah tidak terburu-buru, karena terkadang kamu lupa mengecek kondisi kendaraan pada saat pertama kali menerimanya.

Jadi pastikan untuk mengecek seluruh kondisi kendaraan baik itu secara tampilan fisik dan non fisik.

Jangan segan untuk melakukan testdrive juga ya. Apabila kamu mendapatkan mobilnya terdapat baret atau penyok sebelum dipakai, hal tersebut bukan lagi masalah antara kedua belah pihak.

4. Punya kunci ganda
4. Pu kunci ganda

Nah, cara tepat berikutnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama traveling yaitu harus aman.

Aman dalam arti mencegah kendaraan pinjaman tidak terjadi sesuatu yang diinginkan.

Alangkah baiknya jika kamu meminta kunci pengaman tambahan dari pihak penyedia agar kamu merasa tenang  ketika meninggalkan mobil di tempat parkir wisata.

5. Jangan lupakan dokumen pendukung
5. Jangan lupakan dokumen pendukung

Ketika menyewa kendaraan, pastikan kamu juga tidak lupa meminta STNK, karena biasanya hal kecil seperti ini sering terlupa lho.

Periksalah apakah pajak kendaraannya masih berlaku atau sudah habis. Kamu tak ingin kan ditilang polisi karena kendaraan yang kamu pinjam sudah mati pajaknya? Pastikan juga kamu sudah membawa SIM di dalam dompet.

Kamu bisa dengan leluasa menjangkau daerah-daerah tertentu tanpa perlu memikirkan transportasi umum lagi deh. Happyholiday ya.