Beberapa Hal dalam Sains Ini Masih Sangat Sulit Buat Dijawab

Beberapa Hal dalam Sains Ini Masih Sangat Sulit Buat Dijawab

Beberapa Hal dalam Sains Ini Masih Sangat Sulit Buat Dijawab – Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah usaha-usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Meskipun sains sudah menjadi sesuatu yang baku dan valid dalam menjelaskan sesuatu, tapi ada sebagian hal yang sampai saat ini masih menjadi pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Bahkan, beberapa di antaranya sudah menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan dan akademisi.

Nah, Dilansir dari Download Aplikasi IDNPlay kira-kira apa saja hal-hal dalam sains yang masih belum terpecahkan sepenuhnya hingga kini, ya? Yuk, disimak artikelnya!

1. Oksigen pertama kali di Bumi

Bagaimana oksigen pertama kali di Bumi bisa ada? Sampai saat ini, ilmuwan meyakini bahwa sekitar 2,4 hingga 2,6 miliar tahun lalu, Bumi pernah mengalami peristiwa besar yang dinamakan Great Oxidation Event (GOE). BBC Earth dalam lamannya menjelaskan bahwa GOE merupakan peristiwa di mana Bumi mendapatkan oksigen dalam sebuah proses evolusi dari keberadaan organisme awal yang ada di planet ini.

Hal tersebut sekaligus menyatakan bahwa organisme biologis di Bumi sudah ada 1 miliar tahun sebelum oksigen hadir di Bumi. Bagaimana bisa hal tersebut terjadi? Sebagian jawabannya tentu masih butuh pendalaman lebih lanjut. Lagi, jika berbicara tentang oksigen, ilmuwan lebih yakin bahwa oksigen di Bumi saat ini dihasilkan oleh fitoplankton di lautan, alih-alih dihasilkan dari hutan.

2. Planet mirip Bumi di alam semesta

Ada beberapa planet yang dianggap mirip dengan Bumi di alam semesta ini. Seperti dicatat dalam laman resmi NASA, sebuah planet yang dianggap sangat mirip dengan Bumi adalah TOI 700, sebuah planet yang memiliki ukuran dan zona habitat yang nyaris sama dengan Bumi. Temuan pada 2020 tersebut diambil dari data yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Spitzer milik NASA.

Di samping itu, masih ada beberapa planet dengan zona yang dianggap nyaman dan sama dengan Bumi. Namun, penemuan tersebut masih belum menjawab mengenai kehidupan di dalamnya. Bahkan, ilmuwan masih belum memastikan semirip apa planet-planet tersebut dengan Bumi, mengingat jarak dan wilayahnya yang sangat jauh.

3. Lautan di Bumi

Ada banyak hal yang masih menjadi misteri di lautan Bumi. Menurut National Ocean Service, ada lebih dari 80 persen lautan di Bumi yang belum dijelajahi, dipetakan, dan bahkan tidak sanggup diamati oleh manusia. Jadi, bisa dibayangkan bahwa mayoritas isi dari lautan di Bumi belum dikenal dan diketahui oleh manusia.

Hal ini tentu saja juga berkaitan dengan kekayaan spesies yang tercatat resmi oleh keputusan ilmuwan biologi internasional. Dengan banyaknya lautan yang masih menjadi misteri, jenis fauna dan flora yang ada di dalamnya pun juga masih belum tercatat secara resmi. Mungkin, masih ada hewan purba yang berada di dasar laut yang tak terjangkau manusia.

4. Beberapa hal yang berkaitan dengan alam bawah sadar

Dalam ilmu psikologi dan mental, alam bawah sadar merupakan pikiran, hasrat, kemampuan, dan perasaan manusia di luar kesadaran dirinya sendiri. Dalam laman Psychology Today dijelaskan bahwa alam bawah sadar sangat erat kaitannya dengan psikologis dan mental seseorang. Alam pikiran bawah sadar juga erat kaitannya dengan mekanisme pertahanan psikologis untuk perlindungan diri.

Beberapa yang masih menjadi misteri dalam hal ini adalah kemampuan manusia dalam melihat dan merasakan sesuatu di luar nalar. Lalu, ada juga kemampuan alam bawah sadar manusia yang memberikan pengalaman unik tentang mati suri dan saat-saat sebelum kematian sesungguhnya. Itu semua masih menjadi pertanyaan yang sulit untuk dijawab dan membutuhkan studi lebih lanjut untuk mengungkapnya.

5. Bintang Metusalah

Bintang Metusalah atau Methuselah adalah sebuah objek angkasa yang disebut-sebut lebih tua ketimbang usia alam semesta. Menurut laman sains Space, pada 2000 lalu, Badan Antariksa Eropa menyatakan bahwa usia dari Bintang Metusalah adalah 16 miliar tahun. Sekadar informasi, jika dihitung dari proses big bang atau ledakan dahsyat, alam semesta kita berusia sekitar 13,8 miliar tahun.

Nah, bagaimana tentang pelajaran sains kita kali ini? Betul, kan, ternyata tidak semua hal bisa dijelaskan dalam sains. Bahkan, beberapa di antaranya masih menjadi misteri bagi banyak kalangan akademisi.